10 Khasiat Dan Manfaat Dan Tanaman Senggani Untuk Kesehatan

by

Senggani (Melastoma candidum) merupakan tumbuhan perdu dari famili Melastomataccae. Senggani mempunyai nama yang berberda-beda di banyak sekali kawasan menyerupai sengganen, harendong, senduduk, kemandhen, kluruk, dan sebagainya. Tanaman ini merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh tegak dengan banyak cabang. Senggani biasanya tumbuh pada tempat-tempat yang menerima cukup sinar matahari menyerupai di lereng gunung, semak belukar, kebun, atau sekitar perumahan. Di beberapa tempat, tumbuhan senggani sengaja ditanam sebagai tumbuhan hiasa. Meski seringkali dianggap sebagai tumbuhan liar atau bahkan gulma senggani ternyata mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Sejak dulu, orang-orang sudah memakai tumbuhan sengganen untuk mengatasi beberapa penyakit contohnya mredakan rasa sakit atau peradangan akhir luka atau terkena benda tajam. Pada keempatan ini, akan memaparkan beberapa kandungan dan khasiat tumbuhan senggani untuk kesehatan.

Struktur dan Kandungan Senggani

Tumbuhan senggani sanggup tumbuh dengan ketinggian hingga empat meter dan mempunyai banyak cabang. Batang senggani terbilang kecil dengan warna hijau hingga cokelat kemerahan. Tanaman ini bersisik dan berambut serpihan pada serpihan batang maupun daunnnya.

Daun senggani merupakan daun tunggal bertangkai dan letaknya berhadapan. Bentuk daun senggani memanjang dengan serpihan ujung melancip dan serpihan pangkal yang lebih bulat. Pada sebagian permukaan daun ditumbuhi rambut sehingga daun senggani akan terasa bernafsu ketika diraba. Daun senggani yang masih muda sanggup dimanfaatkan sebagai lalap atau disayur.

Daun tumbuhan senggani biasanya dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun kates ketika direbus. Senggani mempunyai bunga berwarna ungu dengan corak keputihan di serpihan tengahnya. Bunganya keluar dari ujung cabang dan mempunyai lima mahkota bunga. Sama menyerupai daunnya, bunga senggani juga mempunyai khasiat meredakan rasa sakit atau peradangan.

Senggani mempunyai buah yang cukup khas dengan bentuk menyerupai gelas hias dan serpihan atasnya cenderung terbuka. Jika masak, buah senggani akan merekah atau pecah menjadi beberapa serpihan dan berwarna ungu tua. Buah senggani sanggup dimakan, rasanya manis tetapi meninggalkan warna pada bibir atau lidah.

 merupakan tumbuhan perdu dari famili Melastomataccae 10 Khasiat dan Manfaat dan Tanaman Senggani Untuk Kesehatan

Senggani mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi badan menyerupai flavonoida, saponin, glikosida, tanin, dan sebagainya. Tanaman senggani mempunyai kandungan zat aktif yang sangat manis untuk meredakan rasa sakit dan menyembuhkan luka. Penggunaan daun sengganen pada serpihan luka emberikan sensasi sejuk pada kulit.

Flavonoida merupakan senyawa yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan. Senyawa ini mempunyai kegunaan untuk menghmabat perdarahan pada serpihan kulit. Itu sebabnya daun sengganen sering dipakai untuk menghentikan perdarahan ketika kulit terluka dan berdarah.

Kandungan saponin pada senggani berfungsi sebagai antiseptic yang mempunyai kegunaan membunuh dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme jahat. Tanin pada senggani mempunyai kegunaan menutupi pori-pori kulit dan menghentikan pendarahan ringan. Senggani juga mengandung steroid yang berfungsi sebagai antiinflamasi.

Manfaat Khasiat Senggani untuk Kesehatan

Karena kandungan yang dimiliknya, tumbuhan senggani sanggup dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati banyak sekali penyakit. Berikut beberapa penggunaan senggani sebagai obat.

#1 Daun Senggani untuk Meredakan Nyeri
Daun senggani mengandung senyawa yang berfungsi sebagai zat analgesik atau zat penghilang nyeri. Daun senggani sanggup dipakai untuk mengurangi rasa sakit pada serpihan badan yang mengalami luka akhir benda tajam atau luka bakar. Tumbuk beberapa helai daun senggani dan balurkan pada serpihan kulit yang luka. Penggunaan sengggani akan memperlihatkan dampak sejuk dan nyeri akhir luka akan berkurang.

#2 Daun Senggani Untuk Mengobati Diare
Sama menyerupai daun jambu biji, daun senggani juga mempunyai kegunaan untuk mengobati diare atau mencret. Tetapi, untuk hasil yang maksimal, daun senggani harus dipadukan dengan daun sembung dan kulit buah manggis untuk mmebuat ramuan.

Caranya, rebus sebanyak satu genggam daum senggani, lima gram kulit buah manggis, dan tiga lembar daun sembung dalam dua gelas air. Rebus hingga air tersisa setengah gelas. Saring sesudah masbodoh dan bagi ramuan untuk tiga kali minum, yaitu pagi, siang, dan sore.

#3 Daun Senggani untuk Mengobati Bisul
Bisul yaitu benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan menjadikan rasa sakit. Benjolan ini muncul akhir infeksi kuman yang memicu inflamasi pada folikel rambut. Untuk mengobati bisul, basuh higienis sebanyak satu genggam daun senggani, kemudian rebus dengan segelas air. Minum air rebusan tersebut dan gunakan ampasnya pada serpihan bisul.

#4 Daun Senggani untuk Mengatasi Sariawan
Sariawan atau stomatitis merupakan radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan yang menjadikan rasa nyeri ketika mengunyah atau berbicara. Untuk mengobati sariawan, basuh higienis tiga lembar daun senggani muda dan bilas dengan air hangat matang. Tambahkan sedikit garam dan kunyah daun tersebut.

#5 Biji Senggani untuk Mengobati Perdarahan Rahim
Perdarahan rahim disfungsional yaitu perdarahan asing akhir perubahan hormonal. Biji senggani sanggup dimanfaatkan untukmengatasi perdarahan rahim. Caranya, sangrai biji senggani hingga hitam kemudian rebus dengan dua gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring rebusan sesudah dingi dan minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

#6 Daun Sengganen untuk Mengatasi Keputihan
Keputihan yaitu salah satu kondisi normal yang dialami perempuan pada ketika tertentu dimana v4gina akan mengeluarkan cairan atau lendir yang encer, bening, tidak gatal dan tidak berbau. Keputihan disebut asing jikalau berwarna hijau atau putih susu dan disertai rasa gatal.

Untuk mengatasi problem keptutihan, siapkan dua genggam daun senggani yang segar, jahe dan bengle seukuran ibu jari. Rebus ketiga materi dengan tiga gelas air dan tambahkan satu sendok makan cuka. Rebus hingga air tersisa dua gelas. Saring rebusan kemudian minum dua kali sehari.

#7 Daun Senggani untuk Menyembuhkan Radang Usus
Selain mempunyai kegunaan meredahkan nyeri dan sakit, senggani juga mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan radang atau pembengkakan. Daun sengganen mengandung senyawa saponin yang berfungsi sebagai antiseptic yang mempunyai kegunaan membunuh dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme jahat yang mengakibatkan radang usus.

#8 Senggani untuk Mengatasi Disentri Basiler
Disentri yaitu infeksi pada usus yang mengakibatkan diare disertai darah atau lendir. Disentri basiler yaitu salah satu jenis disentri yang disebabkan oleh kuman dari jenis Shigella. Untuk mengatasi disentri basiler, siapkan beberapa genggam daun senggani yang masih segar. Rebus daun dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan minum.

#9 Senggani untuk Melancarkan Buang Air Kecil
Selain mempunyai kegunaan untuk meredakan nyeri, senggani juga mengandung zat yang berfungsi sebagai diuretik yang dipercaya mempunyai kegunaan untuk melancarkan buang air kecil. Seduh beberapa lembar daun senggani dengan air panas dan minum selagi hangat sesudah makan.

#10 Daun Senggani untuk Mengatasi Pendarahan Ringan
Daun senggani mengandung senyawa tanin yang mempunyai kegunaan menutupi prti-pori kulit dan menghentikan pendarahan ringan akhir luka atau terkena benda tajam. Haluskan atau lumatkan beberapa helai daun senggani kemudian balurkan pada serpihan kulit yang berdarah.