5 Cara Mengonsumsi Bawang Putih Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

by

 Ada banyak obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang biasa dipakai dalam pe 5 Cara Mengonsumsi Bawang Putih untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Ilustrasi bawang putih.

Ada banyak obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang biasa dipakai dalam pengobatan rumah. Tapi, bila Anda ingin fokus pada satu peredam tekanan darah alami dan paling efektif, pilihan terbaik yaitu bawang putih.

Manfaat kesehatan bawang putih dikaitkan dengan senyawa yang mengandung welirang menyerupai allicin, diallyl disulphide, diallyl trisulphide, dan lain-lain. Bawang putih juga kaya akan sumber antioksidan menyerupai selenium, germanium, vitamin dan mineral.

Allicin dalam bawang putih bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ada beberapa pilihan untuk memasukkan bawang putih ke dalam sajian harian Anda sebagai obat tekanan darah tinggi. Berikut beberapa di antaranya.

 
Bawang putih mentah
Mengonsumsi bawang putih mentah merupakan salah satu obat untuk tekanan darah tinggi. Mengunyahnya akan mengaktifkan allinase untuk melepaskan allicin. Anda sanggup mengunyah 1,5 gram bawang putih segar atau kering setiap hari untuk mengontrol tekanan darah Anda.

Bubuk bawang putih
Konsumsi setiap hari 600-900 mg debu bawang putih akan mengurangi 9-12 persen tekanan darah tinggi. 600 mg serbuk bawang putih mengandung 3,6 mg allicin, sedangkan 900 mg mengandung 5,4 mg allicin. 

Bawang putih yang dimasak
Memasaknya sanggup menonaktifkan allinase dan senyawa yang mengandung welirang lainnya. Untuk itu, Anda harus menghancurkan bawang putih dan mendiamkannya dulu selama 10 menit sebelum dimasak. Ini akan menawarkan waktu yang cukup bagi allinase untuk bekerja sebelum dilemahkan oleh panas.

Parutan bawang putih
Irisan tipis bawang putih sanggup Anda tambahkan pribadi ke dalam salad. Bawang putih cincang mentah juga sanggup jadi pilihan yang baik untuk Anda campurkan ke dalam salad favorit Anda.

Teh bawang putih
Potong 1-3 siung bawang putih segar. Rebus satu cangkir air. Matikan api dan tambahkan bawang putih cincang. Tunggu lima menit lalu saring. Tambahkan 1/2 sendok teh madu untuk menambah rasa. Minum secangkir teh bawang putih setiap hari sanggup menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi.

Efek samping
Seperti semua obat tekanan darah alami lainnya, terkadang bawang putih juga sanggup menjadikan ketidaknyamanan tertentu. Bawang putih mentah sanggup menjadikan problem pencernaan, menyerupai kembung dan keasaman bila dikonsumsi ketika perut kosong. Jika Anda alergi terhadap bawang putih, efeknya sanggup menjadikan mual, muntah, sakit kepala, dan eksim.

Sumber: Boldsky