8 Kebiasaan Sederhana Tapi Penting Untuk Menurunkan Kolesterol

by

 Ada cara yang kondusif dan gampang untuk menurunkan kolesterol secara alami 8 Kebiasaan Sederhana Tapi Penting untuk Menurunkan Kolesterol
Ilustrasi kolesterol.

Ada cara yang kondusif dan gampang untuk menurunkan kolesterol secara alami. Pertama, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu kolesterol. Ya, kolesterol merupakan senyawa yang disimpan di dinding pecahan dalam pembuluh darah dan secara sedikit demi sedikit mengurangi ruang di mana darah sanggup lewat.

Kadar kolesterol tinggi telah menjadi duduk masalah umum. Semakin hari, semakin sulit untuk mengendalikannya, alasannya ialah banyak makanan olahan dan tinggi lemak yang tersedia. Orang-orang yang kecanduan mengonsumsi junk food, secara tidak sengaja sudah mendatangkan kolesterol dalam badan mereka.

Ya, kalau Anda ingin melaksanakan pengobatan untuk menurunkan kolesterol tinggi, Anda harus menghilangkan beberapa kebiasaan yang menjadi faktor utama yang menjadikan kadar kolesterol tinggi. Dan menerapkan beberapa kebiasaan sederhana berikut ini yang berkontribusi dalam penurunan kolesterol.

 
Sarapan oatmeal
Ini merupakan salah satu pengobatan kolesterol tinggi terbaik. Alasannya, oatmeal mengandung serat larut, yang sanggup bermetamorfosis gel di dalam tubuh. Ini akan membantu Anda merasa kenyang dan menurunkan peresapan kolesterol dalam darah.

Kurangi konsumsi lemak jenuh
Makanan umum yang mengandung lemak jenuh terutama berasal dari sumber hewani, menyerupai mentega, lemak, sapi, domba, babi, unggas dengan kulit, dan krim. Kue kering dan makanan yang digoreng serta dipanggang, juga sanggup mengandung lemak jenuh tingkat tinggi.
 
Beberapa makanan nabati menyerupai minyak sawit dan minyak kelapa juga mengandung lemak jenuh, tetapi tidak mengandung kolesterol.

Makan banyak serat
Hasil studi telah menemukan bahwa peningkatan konsumsi serat larut, menyerupai yang ditemoukan dalam buah dan sayuran (5 sampai 10 gram sehari) sanggup menjadikan penurunan kadar kolesterol sampai 5 persen dalam darah.

Makan ikan
Konsumsi ikan salmon, tuna, dan makanan maritim lainnya ialah salah satu cara untuk menurunkan kolesterol secara alami. Salmon dan tuna, kaya omega-3 yang sanggup menurunkan kolesterol. Konsumi ikan setidaknya 2-3 kali seminggu.

Alpukat
Konsumsi alpukat juga sanggup meningkatkan lemak baik dan menurunkan kolesterol jahat, terutama pada orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Tidur 8-10 jam setiap malam
Kurang tidur sanggup meningkatkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat menjadikan tekanan darah tinggi dan duduk masalah kesehatan lainnya.

Olahraga satu jam setiap hari
Satu jam berjalan cepat akan membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi dan meningkatkan anutan darah jantung Anda.

Memeriksa tingkat gula darah
Kadar gula darah Anda harus 100 atau kurang. Kadar glukosa darah yang terlalu tinggi menjadikan peningkatan kolesterol jahat dan trigliserida tinggi, yang merupakan lemak darah yang berbahaya.

Sumber: Healthy Food House