Kebutuhan Nutrisi Setiap Trimester Kehamilan

by

Berikut yakni kebutuhan nutrisi yang harus anda penuhi sesuai dengan trimester kehamilan anda :

1.  Trimester pertama

Umumnya terjadi dari ahad pertama pembuahan sampai ahad kedua belas yakni perkembangan janin untuk kelengkapan organn penting. Pada bulan pertama nutrisi yang diperlukan berupa kalori yang ekstra.

Perkembangan janin membutuhkan asupan kalori yang sesuai sehingga sanggup terbentuk pesat. Asupan kalori terkadang tersendat alasannya adanya mual dan muntah yang dialamii di trimester pertama, sebisa mungkin anda mengalahkannya sehingga gangguan tersebut tidak menghambat asupan nutrisi apalagi karbohidrat.

Karbohidrat yang diperlukan sebesar 2000 kilo kalori yang bisa didapat dari nasi, roti, gandum, sereal, dll.

Kalsium juga mempunyai peranan dalam pembentukan tulang rangka janin begitu memasuki ahad ke 7 perbanyak konsumsi kalsium yang didapat dari susu, yogurt dan jenis masakan lain yang mengandung susu.

Protein diperlukan dalam perkembangan janin di trimester pertama dalam membentuk sel otak. Tambahkan vitamin A, B1, B2,B3 dan B6  dalam tumbuh kembang janin selain itu B12  dalam pembentukan sel darah.

Vitamin D dalam pembentukan tulang dan Vitamin E dalam metabolisme yang di sanggup di sayuran dan buah-buahan.

2.  Trimester Kedua

Pada trimester ini mempunyai kemampuan perkembangan yang semakin pesat sehingga harus diimbangi dengan asupan nutrisi.

Pada perkembangan ahad ke 13 sampai ahad ke 18 terjadi perkembangan tumbuh kembang organ janin yang sangat penting.

Pada awal memasuki trimester kedua asupan kalori memang masih perlu ditingkatkan mengingat banyaknya organ yang akan tersusun. Jangan lupakan asupan zat besi dan vitamin C dalam mengoptimalkan pembentukan sel sel darah merah dalam mendukung jantung dan sistem peredaran darah janin yang sedang berkembang pada ahad ke 17.

Asam lemak omega 3 diperlukan dalam pembentukan otak janin di trimester kedua akhir. Hindari masakan dengan kandungan kafein yang tinggi, masakan dengan kandungan garam yang berlebih sanggup memicu kaki bisul menahan cairan tubuh.

Konsumsi pula air yang cukup setiap harinya untuk menghindari sembelit dan wasir yang banyak diderita oleh ibu hamil.

3.  Trimester ketiga

Mempersiapkan kelahiran bayi anda maka yang harus dipersiapkan yakni energi yang mencukupi dalam kesiapan persalinan. Bagi anda yang memasuki trimester ini persiapkan dengan kebutuhan kalori yang akan berperan dalam pertumbuhan jaringan janin dan plasentanya.

Anda sanggup meningkatkan asupan kalori dari sereal, kentang, mentega, susu, telur, alpukat, dan minyak nabati.

Selain itu vitamin yang diperlukan yakni B6 untuk membantu metabolisme dalam pembentukan senyawa kimia yang diantarkan pada sel saraf. Vitamin B1, B2 dan B3 dalam membantu enzim untuk  mengatur sistem pernapasan dan energi.

Yodium tidak kalah penting dalam perkembangan di masa ini untuk proses perkembangan janin dan meminimalisir kemungkinan terhambatnya perkembangan otak dan tinggi tubuh .

Peranan yang tidak kalah penting yakni cairan dalam mengatur sel-sel  baru, pengaturan suhu tubuh dan proses metabolisme.