Suka Konsumsi Bawang Putih? Awas, Ada Dampak Sampingnya

by

 Bawang putih merupakan bumbu dapur yang umum dipakai dalam semua jenis makanan untuk me Suka Konsumsi Bawang Putih? Awas, Ada Efek Sampingnya
Ilustrasi bawang putih.

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang umum dipakai dalam semua jenis makanan untuk meningkatkan rasa. Tidak hanya dipakai untuk keperluan memasak, bawang putih bahkan dipakai dalam aneka macam pengobatan tradisional.

Bawang putih mengandung banyak mineral penting, menyerupai kalsium, zat besi, yodium, sulfur, dan lain-lain, yang membantu mengatasi banyak penyakit. Bawang putih mempunyai imbas menguntungkan badan dalam banyak hal, termasuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melawan infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tetapi tahukah Anda, terlalu banyak mengonsumsi bawang putih atau memakannya dalam keadaan mentah, sanggup memengaruhi kesehatan dalam banyak hal. Simak, beberapa imbas samping bawang putih berikut ini.

Menyakiti organ hati
Sebuah penelitian populer di India menyebutkan, jikalau bawang putih dikonsumsi dalam jumlah besar, sanggup menjadikan toksisitas hati, alasannya yakni bawang putih mengandung allicin, senyawa yang sanggup melukai organ hati.

Diare
Konsumsi bawang putih ketika perut kosong sanggup menjadikan diare. Orang yang mempunyai problem gas di perut, seharusnya tidak mengonsumsi bawang putih. Karena mengandung fruktan yang sanggup menjadikan kembung gas di perut.

Mual, muntah dan mulas
Menurut National Cancer Institute, mengonsumsi bawang putih mentah ketika perut kosong sanggup menjadikan mulas, mual, dan muntah. Laporan yang diterbitkan oleh Harvard Medical School, menyatakan bawang putih mempunyai senyawa tertentu yang sanggup menjadikan penyakit gastroesophageal reflux.

Risiko pendarahan
Anda dilarang mengonsumsi bawang putih bersama dengan obat pengencer darah, menyerupai yang disebutkan oleh University of Maryland Medical Center. Itu alasannya yakni bawang putih sanggup meningkatkan risiko pendarahan. Selain itu, sesudah operasi, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi bawang putih setidaknya selama 2 ahad alasannya yakni sanggup mengganggu tekanan darah.

Masalah lambung
Makan terlalu banyak bawah putih mentah sanggup mempunyai imbas negatif untuk kesehatan lambung. Ini sanggup mengiritasi susukan gastrointestinal (GI). Bawang putih sanggup menjadikan problem pencernaan jikalau mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Pusing
Bawang putih telah menunjukkan gejala pusing pada beberapa orang. Para andal menyatakan, hal ini alasannya yakni mengonsumsi bawang putih berlebihan sanggup menurunkan tekanan darah atau hipotensi. 

Ruam
Konsumsi bawang putih mentah berlebihan sanggup menjadikan iritasi kulit, ruam, eksim, dan lain-lain. Hal ini alasannya yakni bawang putih mengandung enzim yang disebut alliin lyase yang sanggup menjadikan iritasi pada kulit.

Migrain
Konsumsi bawang putih mentah juga sanggup memicu migrain. Bawang putih sanggup merangsang saraf trigeminal untuk melepaskan molekul pensinyalan syaraf yang disebut neuropeptida yang terburu-buru ke membran yang menutupi otak, sehingga menjadikan migrain.

Gangguan penglihatan
Asupan bawang putih berlebihan sanggup menjadikan hyphema, yaitu suatu kondisi yang menjadikan pendarahan di dalam ruang mata. Ruang mata terletak antara kornea dan iris. Kondisi ini sanggup menjadikan kehilangan penglihatan.

Buruk untuk perempuan hamil
Bawang putih yang dikonsumsi dalam jumlah besar sanggup memengaruhi kehamilan, alasannya yakni akan meningkatkan imbas pengencer darah yang sanggup mengancam jiwa. Wanita hamil atau ibu menyusui harus menghindari bawang putih.

Sumber: Boldsky