Supaya Cepat Hamil, Hindari 10 Hal Ini

by
Senam Cepat Hamil
Senam Cepat Hamil

Supaya cepat hamil serta memperoleh keturunan yang sehat, jauhi 10 perihal yang tidak memberi dukungan kesuburan, pembuahan, serta kehamilan.

1. Merokok

Bila Anda berfikir, tidak apa-apa miliki kebiasaan merokok atau jadi perokok pasif sampai dinyatakan positif hamil, kelihatannya Anda mesti beralih pikiran saat ini. Menurut American Society for Reproductive Medicine, wanita merokok lebih susah hamil, daripada mereka yang tidak merokok.

Toksin dalam rokok ikut mengakibatkan sel telur Anda lebih rawan pada kelainan genetik. Diluar itu, merokok ikut tingkatkan resiko keguguran serta kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan).

Bahkan juga, karena sangat berbahayanya rokok buat kesuburan, wanita perokok seringkali alami kegagalan dalam program bayi tabung dibanding wanita yang tidak merokok. Dalam usaha pembuahan, bukan Anda saja yang perlu berhenti merokok.

Pasangan Anda harus juga berhenti sebab rokok turunkan jumlahnya produksi sperma, perlambat laju renang sperma, serta memunculkan kelainan pada sperma. Nah, bila supaya cepat hamil, jauhi rokok.

2. Konsumsi cafein berlebihan

Jika Anda penggemar kopi atau teh yang memiliki kandungan cafein tinggi, semestinya kurangi asupannya saat ini jadi kurang dari 200 mg /hari. Cafein akan menggagalkan mimpi anda supaya cepat hamil.

Mengkonsumsi cafein diatas 200 mg /hari, atau sepadan dengan dua cangkir kopi, bisa menghalangi kesuburan. Lebih waktu hamil, sebab cafein bisa mengganggu potensi badan menyerap zat besi, mengakibatkan dehidrasi, serta, jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, bisa tingkatkan resiko keguguran atau bayi lahir prematur.

3. Mengkonsumsi alkohol

Dalam saat-saat prakehamilan, semestinya tolak ajakan rekan untuk minum-minum. Kalau Anda penuhi ajakan itu, pilih minuman mudah yang bebas alkohol.

Ini tidak main-main, karena mengkonsumsi alkohol yang terlalu berlebih (dua gelas minuman dalam sehari) bisa mengakibatkan terhambatnya menstruasi, siklus haid tidak teratur, terganggunya ovulasi serta kesuburan, dan kandungan estrogen serta progesteron yang tidak normal.

Siklus haid yang tidak teratur jelas membuat Anda susah lakukan perhitungan waktu ovulasi. Mengkonsumsi alkohol pada saat prakehamilan ikut tingkatkan resiko sindrom alkohol janin.

Rayu pasangan Anda untuk ikut tinggalkan alkohol. Banyak riset menunjukkan, alkohol bertindak besar turunkan kesuburan sperma pria.

4. Berat tubuh tidak normal

Sebelum masuk step pembuahan atau konsepsi, yakinkan berat tubuh Anda tidak dibawah atau diatas baik. Banyak pakar mengatakan, berat tubuh yang baik bisa tingkatkan peluang hamil.

Keadaan badan yang sangat kurus (Indeks Massa Badan < 18,5) bisa mengakibatkan berhentinya ovulasi. Sesaat, keadaan badan sangat gemuk (IMT > 30) tingkatkan resiko diabetes, pra-eklampsia, siklus haid tidak teratur, kelahiran cacat, serta persalinan lewat cara sesar.

Jika Anda alami keadaan badan semacam ini, tanyakan dengan dokter bagaimanakah cara meningkatkan atau turunkan berat tubuh dengan sehat.

Sekalian menanti pendapat pakar, Anda dapat berupaya membuat keadaan badan yang baik dengan minum banyak air putih, berolahraga, serta lakukan diet kesuburan.

5. Tidak senang makan sayur

Hukumnya, makin sehat keadaan badan Anda, makin besar juga tingkat kesuburan serta peluang Anda untuk hamil. Sehat yang disebut ialah badan yang penuh nutrisi, perumpamaannya asam folat serta zat besi.

Ke-2 zat ini terdapat banyak dalam sayur-sayuran hijau seperti bayam serta brokoli. Asam folat mesti ada pada badan Anda sebelum dan setelah konsepsi atau pembuahan untuk mendesak resiko bayi lahir cacat.

Dokter ikut mereferensikan Anda untuk mulai konsumsi vitamin asam folat 400 mcg sehari-hari.

6. Keadaan mulut yang tidak sehat

Tiada kita sadari, kebersihan mulut punya pengaruh besar dalam proses pembuahan atau konsepsi, serta kehamilan.

Pada wanita, permasalahan gusi bisa tingkatkan resiko bayi lahir prematur atau berat tubuh kurang. Sesaat pada pria, keadaan mulut yang tidak sehat (karang gigi, gigi berlubang, plak karena nikotin, gusi berdarah) bisa merubah kualitas sperma.

Jadi, yakinkan kesehatan mulut Anda serta pasangan terbangun sebelum berusaha untuk hamil.

7. Berolahraga berlebihan

Teratur olahraga selama saat prakehamilan memberi efek positif, diantaranya membuat badan masih sempurna, berat tubuh terbangun, serta tidak gampang depresi. Semuanya ialah keadaan yang baik untuk kesuburan.

Akan tetapi, kegiatan yang terlalu berlebih atau sangat berat malah berefek jelek buat kesuburan. Berdasar pada riset, wanita yang olahraga berlebihan condong susah hamil serta terganggu siklus menstruasinya.

Alih-alih turut lari maraton atau kelas senam, lebih baik kerjakan latihan mudah, seperti bersepeda statis atau renang. Berlatihlah sekitar 4 kali dalam satu minggu, semasing saat 30 menit.

Jauhi berolahraga high impact yang beresiko membuat Anda jatuh, seperti senam aerobik, lari, atau berolahraga bela diri.

8. Depresi

Saat berupaya hamil, Anda mesti pintar-pintar mengurus emosi negatif serta beban pikiran, sebab hal tersebut berefek pada tingkatkan kandungan kortisol atau seringkali dimaksud hormon depresi. Kortisol dengan temporer bisa mematikan skema reproduksi Anda.

Serta yang tentu, depresi ikut mengendurkan keintiman Anda dengan pasangan, membuat intensitas hubungan seksual jadi lebih dikit.

Lepaskan pikiran Anda dari semua kekhawatiran serta perasaan cemas dengan teratur lakukan latihan relaksasi, seperti yoga atau meditasi. Buat yang alami depresi kronis atau stres mungkin butuh pertolongan profesional.

9. Paparan BPA

BPA alias bisphenol A ialah bahan kimia beresiko yang terdapat banyak dalam botol plastik, wadah makanan, serta susunan kaleng aluminium.

Beberapa riset temukan, paparan BPA berefek negatif buat kesuburan pria serta wanita, hingga turunkan kesempatan kehamilan.

Pada pria, paparan BPA punya potensi kurangi jumlahnya sperma, sesaat pada wanita, paparan BPA bisa turunkan jumlahnya sel telur yang sehat.

Di jaman yang serba praktis ini, rasa-rasanya memang mustahil terlepas dari paparan BPA benar-benar.

Akan tetapi, Anda dapat menguranginya dengan tidak konsumsi makanan kaleng ataukah tidak konsumsi makanan dan minuman dari wadah plastik dengan nomer daur lagi 3 atau 7 (biasa tercantum dibawah wadah).

10. Makanan laut bermerkuri

Beberapa ikan laut diakui terkontaminasi merkuri dalam kandungan tinggi, contohnya ikan marlin, ikan todak, ikan hiu, makerel (tengiri) besar, serta tuna sirip biru. Jika konsumsi ikan-ikan itu, merkuri dapat tinggal dalam darah Anda saat bertahun-tahun.

Tingginya kandungan merkuri dalam darah ini beresiko buat kehamilan, terpenting perubahan otak janin serta skema sarafnya.

Jika Anda penggemar seafood, ada banyak makanan laut yang masih tetap aman untuk dikonsums saat mengusahakan kehamilani.

Perumpamaannya, ikan teri, kepiting, udang, makerel kecil, salmon liar, sardin, cumi-cumi, serta tiram.

Cukuplah konsumsi makanan laut ini 2x satu minggu untuk mengawasi ujung merkurinya di darah. Tidak hanya makanan laut, ada pula beberapa makanan lainnya yang perlu dijauhi selama saat prakehamilan.