Tips Mainan Bayi Usia 6 Bulan

by

Keamanan yaitu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan. Keamanan mainan bayi yaitu dari segi bahan, tekstur dan ukuran.

Kekuatan mainan yaitu poin penting selanjutnya, hindari mainan dengan materi yang gampang ringkih sehingga akan melukai bayi anda.

Bersihkan selalu mainan bayi anda kalau bersentuhan dengan lisan untuk mengurangi masuknya organisme ke dalam pencernaannya.

Di usia enam bulan hindari terlebih dahulu mainan yang memakai tali yang panjangnya lebih dari 15 cm yang akan mengganggu geraka bayi anda.

Bagi anda yang ingin memperkenalkan mainan yang mengeluarkan suara, hindari masakan dengan bunyi yang terlalu keras alasannya yaitu akan menggangu pendengarannya.

Kemampuan bayi di usia 6 bulan yaitu tertarik dengan bayangan dirinya di cermin selain itu ketertarikan dengan benda-benda yang berwarna mencolok disekitarnya sehingga meningkatkan kemampuan leher bayi untuk melihat benda benda dan berguling atau duduk dalam meraihnya.

Berikut ini yaitu beberapa mainan yang akan mendukung tumbuh kembang bayi anda di usia 6 bulan :

1.  Rattle

Bahannya yang terbuat dari materi plastik, kain atau karet yang lembut sehingga merangsang dalam pertumbuhan gigi bayi.

Selain itu mainan jenis ini kondusif dan berbunyi sehingga sangat menarik perhatian bayi anda. Tersedia dengan banyak sekali bentuk yang gampang untuk dipegang oleh bayi dan merangsang bayi dalam mendengarkan dan menggerakan benda alasannya yaitu rangsangan bunyinya.

2.  Putar Musik

Banyak sekali beberapa bentuk yang bisa anda pilih untuk jenis permainan yang menghasilkan musik. Dalam bentuk Bintang, kendaraan beroda empat atau tokoh kartun yang akan mengeluarkan bunyi, anda sanggup mengajak bayi anda untuk mencari dimana sumber bunyinya.

3.  Cermin Bayi

Anda sanggup menentukan cermin berbahan plastik yang tidak membahayakan bagi bayi. Pada usia 6 bulan rasa ingin tahu mulai tumbuh begitu pula dengan ketertarikan dirinya di hadapan cermin. Sesekali anda sanggup mengajaknya bermain di hadapan cermin kemudian mengenalkan beberapa organ tubuhnya.

4.  Boneka Tangan

Sangat menyenangkan saat anda mulai mengajaknya berinteraksi, anda sanggup memakai santunan boneka-boneka tangan sesuai dengan huruf idolanya.

Mengajak bayi anda dalam merespon ucapan anda sehingga membantu merangsang dalam berkomunikasi, selain itu boneka tangan dengan warna yang menarik bisa anda jadikan alat untuk menarik perhatiannya.

5.  Mainan Lampu

Memperkenalkan lampu melalui senter yang mengeluarkan warna-warni untuk mengetahui respon bayi terhadap cahaya dan warna dalam meningkatkan kemampuan visualnya.

6.  Alat Musik

Pilihlah beberapa alat musik mainan ibarat drum, atau piano untuk berguru gerakan motorik halusnya. Dengan berguru memukul dan memijit benda yang menghasilkan bunyi sehingga bayi anda sanggup mengenali sumber bunyi.